BPN harmonisasikan aturan pertanahan dukung MP3EI

badan pertanahan nasional (bpn) ri berkomitmen penuh untuk menyukseskan masterplan percepatan serta perluasan pembagunan ekonomi indonesia (mp3ei), sehingga bpn mengerjakan sejumlah terobosan juga semua program agar mendukung mp3ei.

kepala bpn ri, hendarman supandji mengemukakan hal itu selama sela-sela rapat koordinasi mp3ei koridor ekonomi sulawesi juga koridor ekonomi papua-maluku selama manado, jumat sore.

dalam keterangan tertulisnya, hendarman menjelaskan website dan diselenggarakan bpn antara lain melalui berlakunya uu nomor 2 tahun kemarin perihal pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

uu ini berbeda dengan peraturan sebelumnya. uu ini lebih memberikan kepastian serta keadilan bagus proses pengadaan tanahnya maupun ganti rugi yang diberikan kepada masyarakat dan ditetapkan oleh apraisal (penilai) independen, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia mengajarkan pengadaan tanah agar kepentingan publik berdasarkan uu no 2/2012 meninggalkan empat tahap yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, juga penyerahan hasil.

setiap tahap ini sudah ditetapkan waktunya, sehingga penyelenggaran pengadaan tanah supaya kepentingan umum diharapkan tidak berlarut-larut, kata mantan jaksa agung tersebut.

selain tersebut, bpn telah memprogramkan penelitian serta siap menggarap pengukuran tanah ulayat warga hukum adat dalam papua bila sudah detail penduduk hukum adatnya juga tanah ulayatnya.

sebelumnya selama rapat tersebut mengemuka sejumlah kendala mengenai pelaksanaan mp3ei yang salah satunya adalah sengketa tanah ulayat pada papua.

hendarman menambahkan bpn saat ini dan sedang mempersiapkan ruu pertanahan. selama mana pada dalamnya, diantara lain mengatur tentang reforma agraria, serta hak atas tanah masyarakat hukum adat. selain itu, bpn ri dan melakukan sinkronisasi juga harmonisasi peraturan perundang-undangan selama bidang pertanahan, ujarnya.

sinkronisasi serta harmonisasi tersebut dimaksudkan supaya ke depan, tidak terjadi dulu tumpang tindih peraturan tenntang pertanahan. untuk tanah bisa lebih berdaya untuk, bpn ri juga mengerjakan percepatan pensertipikatan tanah, ujarnya.

melalui sertipikasi tanah ini, kata hendarman maka hak-hak atas tanah bisa lebih terjaga, makanya dapat membawa faedah dan lebih besar bagi terciptanya kemakmuran rakyat.

sebelumnya, dalam sederat kesempatan hendarman mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya selama memimpin bpn. presiden menugaskan saya mengurangi sengketa dan mesti disadari kepada orang kecil, katanya.

oleh karena tersebut, hendarman menyatakan, bpn mau selalu menggalakkan program-program prorakyat yang telah berjalan. program-program itu antara lain: sertifikat prona gratis, web jemput bola layanan sertifikat tanah agar rakyat (larasita) dan situs one day service.