Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka di lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama hendak menggelar jambore nasional dalam mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur dalam 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama dalam lingkungan pendidikan nu, papar ketua pengurus pusat lembaga pendidikan (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika launching jambore nasional bertajuk perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) di jakarta, sabtu.

hadir dalam acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka jenis organisasi juga kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat juga daerah, dan sederat anggota pramuka pada lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, sampai ketika ini telah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yaitu dari bali, jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi sedang, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, serta jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi bisa mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti disamping diisi dengan model kepramukaan juga ingin diperkaya melalui berbagai kegiatan semisal latihan kepemimpinan, jurnalistik, dialog serta penyuluhan perihal hiv/aids, serta pentas budaya.

selain itu, lanjut dia, pada acara jambore nanti pihaknya sekaligus hendak meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka yang menghimpun berbagai gugus kepramukaan selama lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, juga nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menyatakan lp ma`arif nu, yang mengurus pendidikan formal daripada tingkat dasar serta menengah di lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga selama antaranya sekolah umum, melalui persentasi siswa kurang lebih sembilan juta siswa yang dalam ini turut menyukseskan program-program kepramukaan dan dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, dan kwarcab.

organisasi kepramukaan di sekolah dan madrasah kami amat massif. bahkan supaya wilayah jawa timur, kegiatan perkemahan telah rutin kami laksanakan semua tahun melalui menggandeng perwakilan gugus depan paling pas di masing-masing cabang, ujarnya.

oleh sebab itu, pihaknya optimistis bisa menciptakan gugus satuan komunitas pramuka pada lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan dalam antaranya adalah memiliki kepengurusan wilayah minimal pada lima provinsi, papar arifin.