Tiga miliar orang sedunia dilayani oleh koperasi

sebanyak tiga miliar pihak dilayani oleh koperasi melalui angka anggota koperasi dan tersebar dalam dunia mencapai 800 juta-1 miliar orang, itulah dilontarkan european research institute on cooperative and social enterprises (euricse).

keanggotaan koperasi pada seluruh dunia mencapai 800 sampai 1 miliar orang dan menerima 3 miliar pihak sedunia, papar perwakilan euricse, gianluca salvatori, di acara international workshop on cooperatives in indonesia, dalam jakarta, senin.

pihaknya melaporkan saat ini selama semua dunia ada kurang lebih 53.000 koperasi kredit serta credit union.

sementara selama eropa koperasi pertanian mempunyai pangsa pasar mencapai 60 persen dalam hal pemrosesan dan pemasaran pilihan pertanian.

Informasi Lainnya:

pada 2008 pada italia ada hampir 80.000 koperasi melalui 1,5 juta pihak yang bekerja dalam dalamnya serta berkontribusi hingga 10 persen dari gdp, katanya.

ia menyampaikan, peran koperasi semakin tampak di krisis finansial serta ekonomi. koperasi bisa lebih bertahan daripada macam usaha dan lain.

namun koperasi menghadapi beberapa kendala selama antaranya interpretasi yang keliru dalam keuntungan koperasi, legislasi yang restriktif, manajemen dan kurang efektif, dan minimnya Informasi.

bagaimanapun koperasi baru dianggap marginal, undercapitalized, serta tidak efisien dan dianggap sulit berkembang, katanya.