Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog antara kelompok oposisi juga rezim yang berkuasa di suriah merupakan langkah jangan dilupakan juga paling memungkinkan supaya menyelesaikan konflik serta mewujudkan perdamaian selama negara itu, papar peneliti lipi hamdan basyar.

selain diskusi, paling mungkin sikap berbesar hati presiden bashar al-assad agar lengser, tutur hamdan ketika dihubungi di jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi juga rezim presiden bassar -- kini selalu mengumpulkan kekuatan melalui melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab sudah memberi dukungan kepada oposisi pada konferensi tingkat tingginya di akhir maret kemarin.

namun, katanya, upaya oposisi supaya mendapat pengakuan daripada pbb, mau besar karena tekanan daripada rusia serta china, dijadikan pendukung utama presiden bashar.

hamdan mengatakan oposisi cuma hendak memperoleh dukungan ada negara-negara arab, namun tak dalam pbb, terutama selama ketika sidang majelis publik pbb pada september yang akan datang.

Informasi Lainnya:

kursi di pbb baru hendak milik bashar, rusia mempunyai kekuatan pada pbb, ujarnya.

rusia, dan juga anggota komite mandat majelis umum, telah secara penuh menungkapkan tekadnya untuk menghadang langkah diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia agar pbb vitaly churkin menungkapkan pengakuan terhadap oposisi suriah ingin melemahkan posisi pbb selama mata dunia.

konflik dan telah berkepanjangan ini telah harus langsung dituntaskan, rakyat suriah menanti legowo bashar juga dan paling utama banyak dialog agar rekonsiliasi, kata hamdan.

hamdan menyatakan kini pbb dan kesulitan untuk menyelesaikan konflik ini. semua cara dewan keamanan pbb, dan mengecam bashar sebab pertumpahan darah yang terjadi, sudah tiga kali diveto dengan china juga rusia.

dunia menunggu diskusi perdamaian, resolusi pbb yang mengecam bashar sudah diveto terus, aksi pbb seterusnya mau memperoleh tekanan daripada rusia, ujarnya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, yang dikontak secara terpisah menyampaikan Jawaban politik damai lebih diperlukan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab kepada grup oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab usah diarahkan di upaya-upaya mendapatkan opsi-opsi perdamaian bagi suriah.

perang saudara berkepanjangan diantara pihak oposisi dengan pemerintahan presiden bashar perlu langsung diakhiri demi mengurangi korban dalam antara warga suriah.

berbagai negara serta menungkapkan dukungannya supaya terwujudnya diskusi perdamaian di suriah. aljazair serta bahrain menyatakan dialog adalah satu-satunya penyelesaian kepada krisis pada suriah.

untuk menyelesaikan krisis suriah, tak mampu dilakukan atas inisiatif negara arab (qatar juga arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris dan prancis) yaitu melalui mengucilkan presiden bashar.