Sengketa Venezuela paksa pemimpin kawasan bersidang darurat

beberapa presiden daripada kawasan amerika selatan akan menyelenggarakan pertemuan darurat dalam kamis dalam lima membahas kemelut politik dalam venezuela menyusul terpilihnya nicolas maduro sebagai presiden, kata kementerian luar negeri peru pada rabu.

pejabat tinggi pemerintah tak menyampaikan kemungkinan pertemuan tersebut untuk menunjukkan dukungan pada maduro, atau pemimpin kawasan mau menganggarkan seruan bersama untuk ketenangan pada venezuela, web unjuk rasa muncul dari kemenangan tipis dua persen maduro, lapor reuters.

maduro, penerus pilihan presiden (mendiang) hugo chavez, hendak dilantik pada jumat.

pemerintah brazil, peru, ekuador, kolombia, bolivia juga argentina, diantara lain, mengakui kemenangan maduro itu, namun washington belum.

Informasi Lainnya:

sementara itu, eropa bersatu menyatakan khawatir di peningkatan pengutuban penduduk venezuela.

pertemuan itu digelar pada bawah payung grup kawasan unasur di lima pada kamis malam, tutur pejabat tinggi pemerintah. peru memegang jabatan bergilir presiden kelompok itu. pemantau pemilihan umum unasur menungkapkan kemenangan maduro sah.

presiden peru, uruguay, argentina, kolombia dan brazil akan menghadiri pertemuan tersebut serta pemimpin lain juga berperanserta, papar pejabat.

sebagian besar pemimpin, tergolong presiden dilma rousseff daripada negara kelas berat brazil, kemudian akan ke venezuela untuk upacara pelantikan itu.

hasil pemilihan presiden dalam minggu itu ditolak pesaingnya, henrique capriles, dan menduga ribuan penyimpangan terjadi pada website pemungutan suara dan menginginkan penghitungan ulang penuh suara.

delapan pihak tewas dalam unjukasa pimpina lawan tersebut. pemerintah menuduh capriles menghasut kekerasan, dan dibantahnya.

presiden kuba raul castro pada senin mengucapkan selamat pada maduro sesudah ia menang dalam pemilihan presiden dalam ahad, tutur media kuba.

atas nama pemerintah dan rakyat kuba, aku mengucapkan selamat pada anda atas kemenenangan itu, dan menunjukan kekuatan gagasan serta konsentari komandan hugo chavez, papar pemimpin kuba tersebut dalam dalam pesannya pada maduro.

venezuela adalah mitra ekonomi serta politik pertama bagi kuba. kedua pihak menandatangani pilihan kesepakatan kerjasama di banyak jenis, semisal, telekomunikasi, energi, juga nikel dalam 14 tahun pemerintahan hugo chavez.

presiden rusia vladimir putin pada senin mengirimkan ucapan selamat terhadap putri didik mendiang hugo chavez itu, melalui menungkapkan harapkan hubungan rusia-venezuela semakin diperkuat.

putin menyampaikan yakin kiranya pada bawah maduro, venezuela akan selalu menggalang kemitraan strategis dengan rusia serta menegaskan kesiapan moskow kepada pengembangan lebih lanjut pembahasan membangun pada diantara kedua negara itu, kata layanan pers kremlin.

kementerian luar negeri rusia mendesak berbagai kekuatan politik pada venezuela menghormati hasil pemilihan presiden dan berupaya melakukan pendekatan seimbang serta bertanggung jawab.