Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi mencatat mantan ketua mk mahfud md adalah calon presiden idola bagi nahdliyin jatim.

kami bertanya terhadap 1.238 responden dan ditekuni dengan proporsional melalui metode terbuka, sehingga tercatat 26 calon presiden yang disodorkan responden, tutur wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, selama surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora dan dan kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang menunjukan hasil survei menunjukkan banyak lima nama dan mendapatkan dukungan lebih dari tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, juga arb 5,33 persen, sedangkan nama lain selama bawah tiga persen, di antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, serta sebagainya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei tersebut ingin diserahkan isnu pada pwnu jatim serta pbnu. ibaratnya, apabila nu dalam ini mencari suara langit ataupun istikhoroh selama pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi dengan suara bumi serta survei, ujarnya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas dalam kalangan nahdliyin, ia menungkapkan alasan responden umumnya menyebut mahfud md dibuat sosok dan tegas serta objektif dalam mengambil tindakan, meski banyak pilihan pihak yang menentangnya.

alasan yang terekam adalah 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman dalam pemerintahan, empat persen merupakan kader nu, serta 14 persen supaya alasan lain.

yang menarik, arb tak dipilih sama alternatif dalam sidoarjo. bisa saja keuntungan tersebut akibat lumpur lapindo, tapi dan baik adalah banyak penduduk nu yang tak terkena dampak lumpur lapindo selama porong, sidoarjo, tapi mereka mempunyai solidaritas dan tinggi kepada korban lumpur, ujarnya.

meski ditanya tentang figur capres, ujarnya, pilihan nahliyin bekerja sama dengan melalui menggandengkan dengan figur lain, selama antaranya 29 daripada 261 responden yang memilih mahfud md menggandengkan dengan figur lain sebagai cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden yang mencari dahlan iskan memasangkannya dengan figur lain, semisal jokowi serta mahfud md, sedangkan 20 dari 158 responden yang mencari jokowi serta memasangkan melalui figur lain, ujarnya.

untuk peta tujuan pemilih/responden, ia menyatakan kebanyakan dari 38 kabupaten/kota di jatim mencari mahfud md, namun kebanyakan dukungan untuk mahfud md dari pemilih banyuwangi, sedangkan kebanyakan pemilih jokowi ada pada lumajang, pasuruan, dan pamekasan. supaya arb, kebanyakan pendukung daripada pasuruan juga jember.